Newsticker
recent

Peraturan Billiard 10-Ball



Ten ball (Bola 10) adalah permainan call shot dengan sepuluh object ball bernomor 1 s.d. 10 dan sebuah cue ball. Permainan dilakukan dengan memasukkan bola secara berurutan. Object Ball pertama yang dihantam cue ball haruslah bola dengan angka terkecil di meja. Pemain yang memasukkan bola 10 secara legal dan sesuai dengan called shot-nya, dinyatakan memenangi rack.
Setiap memasukkan bola pemain harus melakukan call shot. Hanya satu bola yang boleh di called pada setiap tembakan. Saat melakukan break, tidak perlu melakukan call.

*Untuk memahami istilah-istilah yang digunakan, lihat di pool billiard terminology encyclopedy
*Untuk peraturan Umum, lihat di Peraturan Umum Billiard
*peraturan diolah dari website world pool-billiard association http://wpa-pool.com/

*untuk peraturan 8-ball lihat di link ini
*untuk peraturan 9-ball lihat di link ini


9.1 Determining the Break
Pemain yang memenangi lag dapat memilih siapa yang melakukan break terlebih dahulu. Format standart adalah alternate break (break bergantian), tapi tidak menutup kemungkinan menggunakan winner break atau format lain.

9.2 Ten Ball Rack
Semua object ball disusun rapat dalam bentuk segitiga, dengan bola 1 di bagian atas segitiga pada titik footspot di meja, sedangkan bola 10 diletakkan di tengah-tengah susunan. Bola lainnya ditempatkan secara acak.


9.3 Legal Break Shot
Aturan berikut berlaku untuk Break Shot:
(a) cue ball bebas diletakkan dimana saja di belakang head string;
(b) Jika tidak ada bola yang masuk, minimal harus ada empat object ball yang menyentuh rail (ban), kalau tidak, dinyatakan foul.

9.4 Second Shot of the Rack – Push Out
Apabila setelah break (yang legal), bola putih terhalang oleh bola lain sehingga bola sasaran tidak terlihat (tidak bisa dipukul secara langsung), maka pemain dapat meminta push out. Sebelum melakukan push out, pemain harus memberitahukannya kepada lawan maupun wasit.
Dalam melakukan push out, pemain bebas memukul bola putih, mengenai object ball manapun atau tidak, bahkan memasukkan bola, dan tidak dianggap foul. Setelah push out dilakukan, pemain lawan dapat memilih untuk menerima dan melakukan pukulan, atau menyerahkan kembali ke pada pemain yang melakukan push out untuk memukul selanjutnya.

9.5 Call Shots & Pocketing Balls
Kecuali saat break, pemain harus melakukan call shots saat akan memasukkan bola. Bola sasaran dan lubang yang dituju harus ditunjuk oleh pemain. Detail dari tembakan, seperti mau menghantam rail (nge-ban), ada bola lain yang akan disenggol, atau ada bola lain yang akan masuk, tidak perlu disebutkan.

9.6 Safety
Pemain dapat memilih untuk call "safety", apabila tidak ingin memasukkan bola. Namun, lawan punya hak memilih untuk menerima dan melakukan pukulan, atau menyerahkan kembali ke pada pemain yang melakukan safety untuk memukul.

9.7 Wrongfully Pocketed Balls
Jika pemain gagal memasukkan bola, atau memasukkan bola pada lubang yang salah, atau memasukkan bola lain yang tidak di-called, gilirannya berhenti; dan lawan punya hak memilih untuk menerima dan melakukan pukulan, atau menyerahkan kembali ke pada pemain tersebut untuk memukul.
Kecuali ada foul, Permainan dilanjutkan dengan cue ball tetap berada di posisinya.

9.8 Continuing Play
Jika pemain secara legal memasukkan bola pada lubang yang dia called, dia melanjutkan gilirannya. Bola lain yang masuk dari hasil tembakan legal tersebut, tetap dianggap masuk, kecuali bola 10.
Jika pemain melakukan called untuk memasukkan bola 10 secara kombinasi (bola 10 belum merupakan bola terakhir), dan secara legal berhasil melakukannya, bola 10 dikembalikan ke atas meja, dan pemain tersebut melanjutkan gilirannya (tidak langsung menang seperti di 9-ball).

9.9 Spotting Balls
Jika bola 10 keluar dari meja, atau masuk lubang karena foul atau saat push out, atau masuk pada lubang yang salah, maka bola 10 dikembalikan ke atas meja (spotted), pada titik footspot. Apabila ada bola lain yang berada pada titik foot spot, maka bola 10 ditempatkan pada long string terdekat dengan titik foot spot.
Bola lain selain 10, yang keluar dari meja atau masuk lubang karena foul atau saat push out, atau masuk pada lubang yang salah, tidak dikembalikan ke atas meja.

9.10 Standard Fouls
Jika seorang pemain melakukan foul, giliran beralih dan lawan mendapatkan ball in hand (free ball), bebas meletakkan bola putih dimanapun di atas meja untuk melanjutkan permainan.

Di bawah ini adalah fouls pada 10-ball:
6.1 Cue Ball Scratch or off the Table
6.2 Wrong Ball First: bola pertama yang dihantam cue ball harus bola bernomor terendah di atas meja
6.3 No Rail after Contact
6.4 No Foot on Floor
6.5 Ball Driven off the Table The only jumped object ball that is spotted is the ten.
6.6 Touched Ball
6.7 Double Hit / Frozen Balls
6.8 Push Shot
6.9 Balls Still Moving
6.10 Bad Cue Ball Placement
6.12 Cue Stick on the Table
6.13 Playing out of Turn
6.15 Slow Play
6.16 Ball Rack Template Foul
Penjelasan dari foul di atas dapat dilihat di Peraturan Umum Billiard pada bagian Fouls.

9.11 Serious Fouls
Jika seorang pemain melakukan foul tiga kali berturut-turut, dia dinyatakan kalah dalam rack tersebut. Untuk "Unsportsmanlike Conduct" (tingkah laku tidak sportif), hukuman ditentukan oleh wasit sesuai kondisi dari kejadian yang ada..

9.12 Stalemate
Jika terjadi stalemate, rack diulang, dan break dilakukan oleh pemain yang melakukan break pada rack tersebut.

Seorang pemain dinyatakan memenangi rack apabila berhasil memasukkan bola 10 secara legal dan sesuai dengan called shot-nya; atau apabila lawan melakukan foul 3 kali berturut-turut.

*Untuk memahami istilah-istilah yang digunakan, liat di pool billiard terminology encyclopedy
*Untuk peraturan Umum dan pengertian istilahnya, lihat di Peraturan Umum Billiard
*peraturan diolah dari website world pool-billiard association http://wpa-pool.com/

*untuk peraturan 8-ball lihat di link ini
*untuk peraturan 9-ball lihat di link ini
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.